Daun Salam Untuk Tanggulangi Asam Urat

Daun Salam, Kaya Manfaat

Manfaat Daun Salam Untuk Tanggulangi Asam Urat


Daun salam, berasal dari dedaunan pohon salam, merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak dijumpai di Indonesia. Nama latin pohon salam ini adalah Syzygium polyanthu. Ciri pohon salam kulitnya berwarna coklat dan bersisik. Daunnya berhadapan, dengan tangkai hingga 12 milimeter. Pangkal daun berbentuk lonjong, berbintik dan terlihat seperti sedikit berminyak. 

Daun rempah satu ini tidak hanya digunakan sebagai pengharum masakan saja, namun, juga bagus sebagai obat tradisional. Penggunaan daun salam sebagai obat di atas disebabkan oleh kandungannya. 

Daun salam kering, terdapat kandungan kurang lebih 0,17% minyak esensial, dengan komponen penting eugenol dan metil kavikol (methyl chavicol) di dalamnya. Ekstrak etanol dari daun menunjukkan efek antijamur dan antibakteri, sedangkan ekstrak metanolnya merupakan anticacing, khususnya pada nematoda kayu pinus Bursaphelenchus xylophilus. Berikut adalah beberapa manfaat daun salam sebagai pengobatan beberapa penyakit.

Asam urat
10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Diare
7 lembar daun salam direbus dengan 200 cc air selama 15 menit, tambahkan garam secukupnya. Setelah dingin disaring lalu airnya diminum. Ramuan lainnya, 7 lembar daun salam, 10 lembar daun jambu biji, 10 gram jahe, dan 1 buah kulit delima putih, dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Tambahkan 200 cc air matang, disaring, lalu diminum.

Gatal-gatal
Daun atau kulit batang atau akar dicuci bersih lalu digiling hingga halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, kemudian balurkan pada bagian yang sakit.

Kencing manis (Diabetes)
7 lembar daun salam dan 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc. Setelah dingin disaring lalu diminum untuk dua kali sehari. Cara lain ialah merebus daun salam dengan laos.

Kolesterol
7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.

Radang lambung
30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.

Stroke
10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.


Baca Juga:
Manfaat Bawang Putih
Manfaat Bayam Duri
Manfaat Kumis Kucing
Bawang Merah
Daun Salam Untuk Tanggulangi Asam Urat Daun Salam Untuk Tanggulangi Asam Urat Reviewed by Anonym_ou5 on 22:37 Rating: 5

No comments:

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.