Banyak Manfaat, Bawang Merah Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak kandungan bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Banyak Manfaat, 

Bawang Merah Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Bawang merah (Allium cepa L. var Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi banyakk dikenal sebagai bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang. 


Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbi, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara

Bawang merah ini mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.

Karena itu, selain sebagai bumbu masakan, bawang merah juga mempunyai manfaat sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

1. Melawan virus dan bakteri
Kandungan anti-oksidan, mineral, vitamin sangat melimpah ditemukan dalam bawang merah. Sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur merupakan karunia khasiat bawang merah bagi kesehatan.

2. Mengatasi diabetes
Khasiat bawang merah dapat dijadikan sebagai obat diabetes. Bawang merah membantu menurunkan kadar gula darah yang sangat dibutuhkan pasien diabetes.

3. Mengurangi kolesterol
Kolesterol merupakan kasus yang sudah sangat luas dihadapi oleh banyak orang, hal ini disebabkan gaya hidup modern yang kurang sehat. Bawang merah mengandung alicin yang mana zat ini cukup ampuh dalam menekan produksi kolesterol dan mampu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain kaya nutrisi bawang merah juga rendah lemak, jadi Anda tak perlu khawatir mengkonsumsinya ketika menjalan program menurunkan berat badan.

4. Mengobati cacingan
Sakit perut dan masalah cacingan bisa diatasi dengan bantuan obat alami bawang merah. Bumbu dapur yang stu ini juga dikenal baik untuk sistem pencernaan serta memiliki kemampuan dalam mengatasi sembelit.

5. Anti kanker
Khasiat bawang merah selanjutnya sangat dahsyat yaitu kandungan antioksidan di dalamnya yang sangat efektif dalam mengurangi resiko kanker mulut dan mencegah perkembangannya. Vitamin A pada bawang merah memiliki sifat antioksidan aktif sangat ampuh dalam menghancurkan sel-sel kanker termasuk mencegah kanker hati dan kanker perut.

6. Pertolongan pada sengatan serangga
Khasiat bawang ampuh mengatasi sengatan serangga yaitu dengan cara menggosokkan bawang merah yang telah dihaluskan ke daerah yang terkena sengat. Gigitan nyamuk, sengatan lebah dan tawon dapat diatasi dengan cara ini.

7. Meningkatkan imunitas
Bawang merah sangat bagus dalam meningkatkan kekebalan tubuh terlebih jika dikonsumsi dalam keadaan segar seperti dengan minum jus bawang merah dengan madu. Hal ini menjadikan tubuh tidak mudah terkena batuk, pilek, infuenza, sakit tenggorokan, mencegah bronkitis dan mencairkan dahak.

8. Baik untuk gigi
Khasiat bawang merah selanjutnya adalah kemampuannya dalam membersihkan bakteri, termasuk bakteri yang terdapat pada gigi dan mulut. Kamu bisa mengunyak bawang merah selama tiga menit setiap pagi untuk menumpas bakteri pada gigi kamu.

9. Mengatasi memar
Manfaat bawang merah untuk mengatasi memar dan penyakit bisul cukup efektif. Minum jus bawang merah dan wortel membantu mengatasi masalah ini dari dalam tubuh.

10. Bagus untuk mata
Khasiat bawang merah yang terakhir ialah untuk meningkatkan daya penglihatan. Kandungan sulfur, sistein, dan lesitin pada bawang merah membantu melindungi mata dari ancaman katarak.
Cara terbaik untuk memperoleh kebaikan khasiat bawang merah adalah dikonsumsi dalam keadaan segar terlebih jika dengan mengkonsumsi bawang merah.


Baca juga:
Manfaat Bawang Putih
Manfaat Daun Salam
Manfaat Bayam Duri
Manfaat Kumis Kucing

Banyak Manfaat, Bawang Merah Bagus Untuk Kesehatan Tubuh Banyak Manfaat, Bawang Merah Bagus Untuk Kesehatan Tubuh Reviewed by Anonym_ou5 on 09:16 Rating: 5

No comments:

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.